Rabu, 16 Maret 2011

Negara Tetangga Jepang Siaga

Beberapa negara tetangga Jepang, seperti Taiwan dan Korsel, melakukan tindakan pencegahan pencemaran nuklir meskipun masih dalam tahap wajar.

Sejak ledakan reaktor nuklir diberitakan, Dewan Energi Atom (Atomic Energy Council/AEC) Taiwan langsung memonitor perkembangan. Direktur AEC Chen Yi-pin melaporkan, tingkat konsentrasi radiasi belum melebihi batas standar keamanan, sejauh ini. Mereka masih menahan keputusan status situasi darurat sampai mendeteksi adanya ketidaknormalan.

Meski arah angin bertiup saat ini lebih ke Samudera Pasifik, ketimbang menuju wilayah-wilayah berpenduduk, pemerintah sejumlah negara di kawasan Asia tetap berjaga-jaga terhadap kemungkinan radiasi.

Kementerian Pangan, Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Korsel memberi pernyataan akan melakukan inspeksi menyeluruh terhadap produk-produk yang berisiko terpapar radioaktif. Inspeksi  akan berlangsung sampai 30 April, dan dilanjutkan sekali sebulan pada Mei dan Juni.

Sementara di Filipina, pemeriksaan paparan radiasi dijalankan oleh Philippine Nuclear Research Institute (PNRI) yang berbasis di Manila. "Kami mengamati keadaan udara empat kali sehari," kata Direktur PNRI Alumanda de la Rosa. Presiden Benigno Aquino pun telah memerintahkan update berkala dari agen-agen pemerintahan terkait masalah radiasi nuklir.

Atoms of Peace, suatu lembaga riset nuklir berwenang di Thailand, juga bersiap melakukan inspeksi bahan makanan impor dari Jepang untuk memastikannya terbebas radiasi. China, Korea Selatan, Malaysia, Hong Kong, juga Filipina melakukan hal yang kurang lebih sama.

Ledakan reaktor nuklir milik Jepang di Fukushima untuk ketiga kalinya pada hari Selasa (15/3) pukul 06.14 waktu setempat, mengakibatkan potensi bahaya dari partikel material radioaktif yang terlepas ke udara. Jepang telah memperingatkan bahwa tingkat radioaktif secara signifikan meningkat di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir pasca ledakan reaktor nomor 2 itu. Berdasarkan lansiran Kantor Berita Kyodo, tingkat radiasi tertinggi tercatat hari Selasa itu di selatan Fukushima.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons